Senin, 25 November 2013

7 Kesalahan Diet, Mana Yang Sudah Anda Lakukan?

Jangan keburu menyalahkan program diet Anda apabila memang berat badan Anda tak kunjung turun. Umumnya, kesalahan terbesar saat menurunkan berat badan adalah karena Anda yang kurang disiplin dan serius menjalaninya.

Masih ingat kan bagaimana orang di sekitar Anda berpedoman dengan 'tidak apa gemuk asalkan sehat'. Nah, lama-lama Anda akan berpikir bahwa tidak apa-apa makan cake, kemudian makan puding, makan nasi, dan masih makan es campur pelangi. Kalau dihitung, berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda tadi?

Kami tidak melarang dan membatasi Anda tak boleh makan ini dan itu. Karena sejatinya program diet yang sukses adalah ketika Anda sadar memilih apa yang Anda makan, dan bisa mengontrol porsinya sesuai dengan kebutuhan kalori yang Anda inginkan.

Nah, kalau Anda ingin tahu apa yang sebenarnya membuat berat badan Anda tidak kunjung turun, sebaiknya Anda melihat lagi 7 kesalahan yang biasa dilakukan wanita berikut ini, saat menurunkan berat badannya.

Terlalu fokus pada timbangan

Angka yang Anda lihat pada timbangan sebenarnya terlalu sederhana untuk dijelaskan. Mengukur berat badan ideal, jauh lebih pelik dan rumit ketimbang angka yang ditunjukkan lewat timbangan.

Bahkan, sebenarnya ketika tubuh Anda sudah padat dengan otot, Anda tak harus memaksa jarum timbangan bergerak sesuai dengan perhitungan Anda. Lihatlah ke cermin dan bagaimana penampilan Anda sekarang? Jika otot sudah terbentuk dan jaringan lemak tidak mengganggu, maka di situlah letak tubuh ideal Anda.

Terlalu fokus pada cardio


Ketika Anda berusaha menurunkan berat badan, maka Anda akan fokus pada cardio dan menghabiskan waktu membakar kalori selama berjam-jam. Tentu saja tubuh Anda akan merasa jenuh, dan alhasil keesokan harinya mulai muncul rasa jenuh.

Seharusnya latihan cardio juga diimbangi dengan latihan angkat beban sehingga dalam jangka waktu tertentu Anda sudah bisa melihat dengan puas hasil latihan Anda. Inilah yang akan menjadi motivasi bagi diri sendiri melanjutkan setiap latihan Anda.

Tidak sarapan

Anda pernah mendengar sebelumnya kalau sarapan itu justru penting karena menyediakan energi sepanjang siang hari Anda beraktivitas. Namun, sebagian orang menganggap sarapan itu tidak penting. Padahal, kalau Anda tidak membiasakan diri sarapan sehat dan seimbang, sudah jelas di jam makan siang dan jam makan malam Anda akan makan dalam porsi gila-gilaan.

Bagaimana berat badan bisa turun kalau begitu?

Terlalu mengandalkan obat-obatan

Anda ingin agar tubuh turun dengan jangka waktu yang singkat dan instant. Alhasil Anda menggunakan pil penurun berat badan. Sekalipun disebutkan dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi apakah pernah disebutkan efek samping jangka panjangnya?

Makan terlalu sedikit


Membatasi asupan makanan terlalu sedikit karena takut gemuk juga hal yang salah. Tubuh Anda tidak akan tahan dan cenderung kekurangan nutrisi apabila Anda terus menerus melakukannya.

Lebih baik, bagi porsi makanan menjadi seimbang dan cukup demi kebutuhan nutrisi sehari-hari Anda.

Makan dalam porsi banyak sekaligus

Karena ingin berat badan turun, Anda hanya makan sekali dalam sehari dalam porsi banyak. Harapan Anda, Anda bisa menekan jumlah kalori yang dikonsumsi dan membuat berat badan lebih cepat turun. Padahal dengan memaksakan diri makan banyak artinya membiasakan lambung Anda menuntut makanan dalam porsi banyak pula.

Kurang tidur

Anda berpikir bahwa ketika Anda tidak tidur maka kalori akan terbakar lebih banyak? Well, Anda salah besar. Tubuh tetap membutuhkan waktu untuk memulihkan energi saat tidur. Dan saat itu pula sebenarnya kalori tubuh sedang dibakar.

Ditunjukkan dengan keringat yang keluar saat Anda bangun tidur. Dan suhu tubuh yang meningkat dari pada suhu biasanya.

Pastikan Anda cukup tidur sehingga tubuh juga tidak terlalu mudah lapar, dan metabolisme jadi terjaga.

Sumber : http://m.vemale.com/kesehatan/43457-7-kesalahan-diet-mana-yang-sudah-anda-lakukan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar